Tips Mengerjakan Soal Toefl Listening Berdasarkan Bagiannya

Tips Mengerjakan Soal Toefl Listening

Tips mengerjakan soal toefl listening tentunya sangat Anda butuhkan untuk membantu kelancaran mengerjakan bagian listening saat tes TOEFL berlangsung. Pada dasarnya bagian ini seringkali ditempatkan sebagai bagian awal dari tes tersebut, dan seringkali menjadi hal yang paling ditakuti oleh para peserta tes. Meskipun banyak peserta yang mengerti bahasa Inggris dengan baik, namun jika mereka kurang dalam mempelajari cara pengucapan yang benar, maka tentu saja native speaker yang didengarkan dalam tes itu pun akan terasa sulit untuk Anda temukan jawabannya. Bahkan tidak jarang pula bagian ini menjadi  penyebab banyaknya para peserta tes yang mengalami kegagalan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa bentuk tips di bawah ini, sehingga tes pun dapat dilakukan dengan lebih lancar serta membantu kenyamanan dan kesiapan Anda dalam menghadapinya. Beberapa Tips Cara Menjawab Soal TOEFL Listening tersebut diantaranya :

  1. Pemahaman akan bentuk perintah atau direction, dalam bahasa Inggris utamanya pada bagian listening ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Karena itulah sebaiknya pahami beberapa bagian tersebut dengan baik terlebih dahulu.
  2. Memaksimalkan waktu untuk membaca jawaban dari masing-masing soal, hal ini dapat dilakukan ketika narrator tengah membacakan directipon serta contoh soal.
  3. Konsentrasi tinggi dan fokus juga sangat penting untuk Anda lakukan, utamanya ketika percakapan tengah Anda dengarkan
  4. Gunakan secara maksimal kemampuan listening yang Anda miliki dengan lebih teliti pada bagian dari soal-soal pertama sesuai dengan tips yang sudah dijelaskan pada bagian di atas tadi.

Part A (short conversation)

  1. Tips pertama dibagian A ini sebaiknya Anda fokuskan pada bentuk pendengaran, utamanya pembicara kedua
  2. Hindari rasa panik, meskipun Anda tidak memahami kata yang diucapkan, utamanya jenis percakapan komplit. Hal penting yang perlu Anda lakukan dalam tips mengerjakan soal toefl listening ini hanyalah menangkap bagian ide serta isi yang dimaksud dari percakapan itu tadi.
  3. Jika Anda tidak memahami apa yang sudah diucapkan oleh pembicara kedua, maka pilihlah jawaban yang paling berbeda dengan yang Anda dengar sebelumnya
  4. Memahami functional expression seperti halnya agreement, suprice, dan juga suggestion. Kemudian pahami pula mengenai idiomatic expression serta situasi ketika pembicaraan tersebut dilakukan.

Part B (longer conversation)

  1. Ketika Anda mendengar narrator mulai membacakan direction pada bagian B, maka mulailah untuk membaca pilihan jawaban seperti halnya tips dibagian atas tadi, rekam seluruh yang hal yang Anda lihat, dan mulailah untuk memperkirakan tema apa yang hendak dibicarakan olehnya.
  2. Saat menyimak conversation yang sudah dimulai, maka Anda harus sudah mengetahui mengenai tema atau pun topik yang tengah diangkat olehnya
  3. Tetaplah waspada dengan bentuk pertanyaan yang diajukan.
  4. Perhatikanlah kondisi serta situasi yang berada dalam perbincangan tersebut, seperti halnya waktu atau bahkan tempat melakukan perbincangan itu tadi. Kemudian perhatikan pula apa dan siapa yang menjadi bahan pembicaraan tersebut.

Part C (talk)

  1. Jika Anda memiliki kesempatan waktu, maka perhatikanlah bentuk pilihan jawaban yang tertera.
  2. Selalu waspada dengan pembicaraan pada kalimat pertama, karena biasanya dijadikan sebagai topik pembicaraan untuk kalimat selanjutnya.
  3. Fokuskan diri Anda pada beberapa bentuk pertanyaan yang berkaitan dengan rumus 5W 1H.
  4. Buatlah sebuah kesimpulan dari pembicaraan yang telah Anda dengarkan tersebut dengan sederhana, sehingga dapat lebih mudah untuk Anda pahami.

Demikianlah beberapa cara sederhana dari tips mengerjakan soal toefl listening yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Dapatkan Video, Tips-tips TOEFL GRATIS, dan Info DISKON

Langsung Dikirim Ke Email Anda, DAFTAR SEKARANG!!