Tips Mudah Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL

cara mendapat sertifikat toefl
Sumber gambar : www.tvsatelit.web.id

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL merupakan tes bahasa inggris yang digunakan sebagai persyaratan kuliah atau bekerja di luar negeri terutama di negara dengan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Namun saat ini TOEFL juga digunakan untuk persyaratan kerja di dalam negeri karena saat ini banyak perusahaan dalam negeri yang berkelas internasional.

TOEFL adalah persyaratan mutlak yang harus anda miliki jika anda ingin bersekolah, kuliah, atau bekerja karena bahasa inggris telah menjadi bahasa komunikasi internasional. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara mendapatkan sertifikat TOEFL. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mendapatkan informasi yang lengkap. Bahkan sebagian orang belum mengetahui sama sekali tentang TOEFL.

Jenis TOEFL

TOEFL merupakan salah satu tes untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris anda. selain TOEFL, ada juga tes kemampuan bahasa lain seperti IELTS. Ada beberapa jenis tes dalam TOEFL:

  • CBT (Computer-Based Test). Namun saat ini tes ini sudah dihapuskan.
  • IBT (Internet-Based Test). Tes ini digunakan untuk melamar kerja atau berkuliah di luar negeri.
  • PBT (Paper-Based Test). Tes ini biasanya hanya digunakan untuk latihan karena tes ini tidak dapat digunakan untuk berkuliah atau melamar kerja di luar negeri.
  • ITP (Institutional Testing Program). Tes ini hanya dapat digunakan di wilayah lokal. Anda dapat menggunakan tes ini untuk melamar kerja di perusahaan lokal dan kuliah di universitas dalam negeri.

Saat ini banyak lembaga kursus yang dapat memberikan informasi tentang cara mendapatkan sertifikat TOEFL. Sebenarnya mudah untuk mendapatkan sertifikat ini. hal yang sulit adalah mendapatkan skor yang memuaskan. Walaupun banyak sekali lembaga yang menawarkan sertifikat ini, anda harus tetap jeli karena sertifikat TOEFL hanya berlaku jika dikeluarkan oleh lembaga yang resmi. Jangan sampai anda telah membayar biaya bimbingan dengan jumlah yang banyak, namun sertifikat yang anda dapatkan ternyata tidak resmi. Hal tersebut tentunya akan merugikan anda.

Sertifikat TOEFL dari Lembaga Resmi

Hanya lembaga resmi yang berhak mengeluarkan sertifikat ini. sertifikat dari lembaga resmi akan diakui oleh universitas maupun perusahaan asing. Ada banyak lembaga resmi yang ditunjuk untuk melakukan tes ini.

Cara mendapatkan sertifikat TOEFL ini tidaklah sulit. Anda dapat mencari lembaga-lembaga tersebut di wilayah tempat tinggal anda. Biasanya lembaga resmi menyediakan website yang dapat diakses. Di website tersebut biasanya disediakan berbagai jenis tes TOEFL yang ingin anda lakukan.

Jika anda ingin melakukan tes, anda harus memesan kursi terlebih dahulu. Biasanya anda juga harus memilih jadwal yang disediakan oleh pihak penyelenggara tes. Situs yang resmi pasti akan menjelaskan rincian tes tersebut dengan jelas. Tempat, waktu, dan biaya juga dijelaskan secara rinci kepada peserta tes. Setiap jenis tes mempunyai tahapan. Terdapat tahap reading, writing, dan listening.

Namun untuk IBT terdapat tes speaking yang menguji kemampuan anda dalam melakukan percakapan menggunakan bahasa inggris. Setiap jenis tes juga mempunyai tingkat kesulitan. Pada tes speaking sebaiknya anda memperkaya suku kata bahasa inggris anda. Anda dapat berlatih untuk berbicara bahasa inggris dengan orang asing atau teman anda agar anda dapat terbiasa untuk mengucapkan bahasa inggris dengan pengejaan dan pelafalan yang benar. Tes ini sebenarnya digunakan untuk mengetahui keberanian anda untuk mengucapkan bahasa inggris secara lisan karena biasanya kita hanya bisa berbahas inggris secara pasif.

Dapatkan Video, Tips-tips TOEFL GRATIS, dan Info DISKON

Langsung Dikirim Ke Email Anda, DAFTAR SEKARANG!!